4+ Daftar Game yang Dibuat oleh Studio Game Supercell

4+ Daftar Game yang Dibuat oleh Studio Game Supercell - Jika disebutkan nama game Clash of Clans sudah pasti sebagian besar orang mengenal game ini. Meskipun tidak memainkannya, tapi mereka biasanya sudah mendengar nama game Clash of Clans atau game COC. Tahukah kamu bahwa yang membuat game Clash of Clans adalah Supercell? Supercell merupakan developer game yang sudah terkenal


Apa itu Supercell?


Supercell merupakan studio game yang berasal dari Finlandia yang bermarkas di kota Helsinki. Sepertinya banyak juga ya, perusahaan teknologi yang berasal dari Finlandia. Sebelumnya kita mengenal Nokia yang juga berasal dari Finlandia. Supercell mulai berdiri sejak 2010. Jabatan CEO Supercell dipegang oleh Ilkka Paananen.


4 Game yang Dibuat Studio Game Supercell


Berdasarkan situs ensiklopedia online Wikipedia, saat ini Supercell memiliki tiga game besar. Namun berdasarkan info terbaru akan ada game ke empat yang akan dirilis oleh Supercell. Apa saja keempat game yang dibuat oleh Supecell?


1. Game Clash of Clans COC


Game Clash of Clans atau COC merupakan game strategi yang bisa dimainkan diperangkat mobile. Jika ingin memainkan game Clash of Clans lewat PC bisa mengunakan aplikasi pihak ketika seperti Bluestacks. Game Clash of Clans jumlah penggunanya berjumlah lebih dari 100 juta pengguna. Game Clash of Clans pertama kali dirilis pada Agustus 2012. Lalu dalam beberapa tahun kemudian langsung menjadi game populer.

Game Clash of Clans merupakan game yang memberikan pendapatan paling besar diantara game lain yang dibuat oleh Supercell. Sumber pendapatan Supercell dari Clash of Clans berasal dari penjualan gems atau IAP (In-app Purchase).

IAP merupakan fitur dari Supercell yang memungkinkan pemain game bisa membeli item dari Supercell yang harganya dikonversikan dalam bentuk dollar. Dengan mata uang rupiah kita juga bisa berbelanja membeli IAP dari Clash of Clans.


2. Game Hay Day


Selanjutnya game yang populer dari Supercell adalah game Hay Day. Game ini bisa disebut dengan game bertani atau berkebun, karena dalam game ini kita akan melakukan cocok tanam. Hasil panen bisa digunakan untuk kebutuhan dan bisa pula untuk dijual.


Game Hay Day ini sudah banyak yang memainkannya, namun belum sepopuler Clash of Clans. Pendapatan Supercell dari Hay Day juga tidak terlalu besar. Game ini dirilis sejak Juni 2012 hampir bersamaan dengan game Clash of Clans.


3. Game Boom Beach


Selanjutnya game yang dibuat oleh Supercell adalah game Boom Beach. Game ini termasuk dalam kategori game strategi, hampir mirip dengan Clash of Clans namun settingan tempat di Boom Beach berada di pantai tropis. Game Boom Beach juga tidak kalah menarik dibandingkan dengan game Clash of Clans. Game Boom Beach di rilis pada Desember 2013.


Sama seperti game lain yang dibuat oleh Supercell, Boom Beach juga tersedia fitur IAP. Jadi kita bisa membeli fitur tertentu untuk meningkatkan level di game Boom Beach.


4. Game Clash Royale


Game baru yang dibuat oleh Supercell adalah Clash Royale. Game ini masih dalam soft launching, hanya beberapa negara saja yang bisa memainkan game ini. Pihak Supercell sendiri saat ini sedang melakukan promosi dengan memanfaatkan para Youtuber Game untuk mereview game Clash Royale. Untuk Indonesia kita harus bersabar dulu, karena untuk saat ini Indonesia belum dapat bagian, yang penting sabar saja dulu.


Kesimpulannya

Itulah daftar game yang diciptakan oleh Supercell. Sebagian besar game berada dalam kategori game strategi. Untuk mendapatkan penghasilan dari game, Supercell memanfaatkan fitur IAP (In-App Purchase) atau fitur berbayar. Sehingga semakin banyak orang membeli maka akan semakin banyak pemasukan yang diterima oleh Supercell.

*)