Mengapa game Mobile Legends nge-lag atau loading-nya lama?

Mengapa game Mobile Legends nge-lag atau loading-nya lama? - Sebenarnya pertanyaan ini adalah pertanyaan umum dan mungkin sudah dibahas dalam banyak artikel game. Oke langsung saya jelaskan sedikit.

1. Mobile Legends nge-lag karena sinyal lemah atau kurang stabil


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dalam artikel tentang Mobile Legends, disebutkan bahwa game Mobile Legends adalah game online.

Tidak seperti game lain yang hanya butuh sinyal sedikit langsung bisa main. Game Mobile Legends ini beda gais. Mobile Legends hanya bisa dimainkan dengan lancar kalau sinyalnya bagus, kuat, dan penuh.

Intinya game Mobile Legends nge-lag atau loadingnya lama disebabkan oleh sinyal yang lemah dan tidak stabil.

Saya sendiri sering main Mobile Legends. Waktu yang saya pilih untuk main game Mobile Legends adalah dini hari dari jam 3 subuh sampai jam 5 subuh. Diwaktu ini sinyal relatif stabil dan tidak banyak yang online.

Satu lagi saya main Mobile Legends pakai kartu AXIS, harus saya akui bahwa sinyal AXIS diwilayah saya agak kurang bagus. Tapi bagaimana lagi harga paket internet dari AXIS lebih murah.

Ada paket internet yang sinyalnya kuat dan stabil yaitu TELKOMSEL, tapi sayang paket internetnya cukup mahal untuk penggangguran seperti saya.

Saya sendiri beberapa kali menderita kekalahan dalam battle di Mobile Legends karena sinyalnya kurang bagus.

Bagaimana tidak, saya kesulitan untuk mengontrol hero di Mobile Legends. Kalau sinyalnya lemah, hero Mobile Legends sulit dikendalikan, sulit dikontrol atau sulit diarahkan.

Belum sempat kabur udah mati. Belum sempat mengeluarkan skill udah mati duluan. Saya paling sering mati gara-gara gangguan sinyal.. Paling sering kalah gara-gara sinyal..

Bagaimana pun hebatnya hero yang kamu miliki tapi kalau sinyal lemah dan nge-lag percuma saja, kamu akan kalah dalam battle Mobile Legends.

Tapi, meskipun heronya biasa saja atau hero gratis seperti LAYLA kita berpeluang untuk menang besar.

Pernah juga saya tiba-tiba keluar dari battle malah kena sanksi pengurangan point dan lain sebagainya. Belum lagi kalau ada pemain yang emosian, bisa-bisa kita dilaporkan ke GM. Padahal masalahnya cuma sata yaitu sinyal internetnya yang lemah, tidak stabil dan kurang bagus..

Mengapa game Mobile Legends nge-lag atau loading-nya lama?
Logo Mobile Legends - Gambar: Izlesene.com

2. Mobile Legends nge-lag karena banyak program yang dijalankan sekaligus


Untuk smartphone dengan kapasitas RAM yang kecil bisa menyebabkan game Mobile Legends nge-lag. Saya sendiri pakai smartphone dengan RAM kecil yaitu cuma 2 GB pakai smartphone LENOVO A6010.

Ciri-ciri kalau main Mobile Legends nge-lag gara-gara terlalu banyak program yang berjalan adalah munculnya semacam bunyi kaset rusak atau sejenisnya.

Untuk masalah ini caranya gampang, tinggal matikan saja program yang tidak penting seperti Facebook, Instagram, UC Browser dan lain sebagainya. Bisa juga pakai "FORCE STOP" atau menghentikan secara paksa aplikasi tersebut.

3. Server game Mobile Legends sedang ramai


Bisa jadi karena game Mobile Legends dimainkan oleh banyak server Mobile Legends jadi lambat. Efeknya game Mobile Legends kita jadi nge-lag. Tapi menurut saya kemungkinan itu kecil.

Saya yakin sekali kalau Moonton selaku developer menyediakan server yang handal untuk game online Mobile Legends miliknya.


Kesimpulannya

Pada intinya ada beberapa sebab game Mobile Legends nge-lag atau loadingnya lama. Tapi yang paling sering saya alami adalah gangguan sinyal internet. Sinyal internet yang lemah dan tidak stabil menjadi penyebab utama game Mobile Legends nge-lag. Semoga bermanfaat ya..