Apakah game Mobile Legends plagiat?

Apakah game Mobile Legends plagiat? - Game Mobile Legends adalah salah satu game online yang populer saat ini. Game online yang satu ini juga sudah memiliki jutaan pengguna dari berbagai negara. Namun dibalik naik daunnya game Mobile Legends ada kontroversi yang beredar. Game Mobile Legends dituduh plagiat.

Developer Mobile Legends yaitu Moonton dituduh plagiat game sejenis yang versi desktop. Keterangan dari berita dari Pikiran Rakyat disebutkan bahwa Mobile Legends digugat atas tudingan menjiplak game buatan Riot Games. Riot Games adalah developer dibalik game fenomenal League of Legends (LoL).

Apakah game Mobile Legends plagiat?
Mobile Legends - Gambar: Izlesene.com


Berdasarkan keterangan dari Teknobos Tencent selaku developer Mobile Arena juga melayangkan tuduhan bahwa game Mobile Legends melakukan plagiat. Dulu namanya Mobile Arena tapi namanya sudah diganti menjadi Arena of Valor (AOV).

Namun dari banyak sumber disebutkan bahwa developer Mobile Legends membantah semua tuduhan itu. Mereka mengatakan bahwa game Mobile Legends memiliki sudah hak cipta serta lisensi.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana kelanjutan kasus Mobile Legends ini, yang pasti game Mobile Legends tetap bisa dimainkan sampai sekarang.

Saya tidak bisa memutuskan apakah game Mobile Legends plagiat atau tidak. Saya kembalikan lagi kepada pembaca :D

Kita flashback dulu yah..

Coba kita lihat bahwa banyak game yang meniru game Clash of Clans COC tapi tidak dituntut atau dipermasalahkan. Wajar saja karena game tersebut tidak sepopuler game Clash of Clans COC yang asli.

Tapi beda lagi nih dengan game Mobile Legends yang terlanjur populer. Ada game sejenis yang lebih dulu muncul namun kurang populer. Akhirnya game Mobile Legends dituntut oleh beberapa developer. Kalau pandapat saya mereka menuntut Mobile Legends karena game ini populer dan lebih terkenal.

Hhmm paling itu saja. Semoga bermanfaat ya..